9 Tips Mudah Mengendarai Mobil Sewa Untuk Pemula


thenalongcamethboy - Jika Anda baru mulai belajar menyetir mobil dan ingin membaca beberapa hal mendasar yang perlu Anda pertimbangkan saat mengemudi atau hanya menginginkan beberapa tip mengemudi, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Ketika seseorang belajar menyetir, ada banyak hal yang perlu diingat. Sebenarnya, entah itu rookie atau supir matang, sangat penting untuk berhati-hati saat berada di belakang kemudi.

Tapi sebelum anda gunakan anda bisa memanaskan rental mobil matik untuk anda. Berikut adalah beberapa tips mengemudi yang harus diingat oleh pemula:

1. Kenali mobil Anda
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai mengemudi adalah dengan merasa nyaman dengan mobil Anda. Kenali dasar-dasar mobil dalam teori sebelum Anda praktis mulai mengemudikannya. Pelajari apa yang dilakukan kopling, pahami pengaturan perlengkapan dan pelajari fakta-fakta seperti yang seharusnya tidak pernah beralih ke gigi yang lebih rendah dengan kecepatan lebih tinggi dan selalu lebih baik membiarkan mobil berhenti sebelum Anda melawan gigi kebalikannya.

2. Perbaiki posisi tempat duduk anda
Posisi duduk yang tepat sangat penting; Bahkan pengemudi berpengalaman tidak memposisikan diri dengan benar dan karena itu kurang memiliki kenyamanan dan kontrol, yang meningkatkan probabilitas kecelakaan. Pastikan Anda duduk tegak dengan punggung dan bokong yang tertancap di kursi sepenuhnya dan berada pada posisi sudut sehingga membantu mencegah cedera punggung. Kursi harus diatur dalam posisi di mana Anda bisa melihat sekeliling, sangat mudah dan nyaman. 

Biasanya dikatakan bahwa tinggi kursi harus sedemikian rupa sehingga matamu berada di setengah ketinggian kaca depan. Kursi harus longitudinal berada pada posisi di mana lutut Anda tidak terlalu banyak diregangkan saat Anda menggunakan pedal akselerator, rem, dan kopling mobil. Dorong rem sepenuhnya dengan kaki kanan dan tekan kopling, ini harus dilakukan dengan cara sedemikian rupa sehingga sambil menekan pedal sepenuhnya, lutut Anda tetap tertekuk sekitar 120 derajat. Duduk tegak dan jangan membungkuk ke depan.

3. Hindari gangguan
Begitu Anda berada di kursi pengemudi, perhatikanlah, atur cermin, pakai sabuk pengaman dan ingatlah peraturan jalan. Hindari gangguan saat Anda mengemudi karena saat ini jalan macet dan oleh karena itu Anda perlu menjaga mata dan perhatian Anda terfokus ke arah itu setiap detiknya. Dua peraturan yang paling umum dan mendasar sebelum Anda mulai mengemudi; Jangan gunakan ponsel saat mengemudi dan jangan minum dan menyetir. Seiring dengan peraturan ini, supir baru terutama harus menghindari makan, menyalakan musik dengan volume yang sangat tinggi dan terlibat dalam percakapan yang dalam.

4. Pegang setir dengan benar
Meskipun tidak ada cara yang benar untuk memegang setir, kebenarannya tergantung pada bagaimana Anda ingin menahannya agar bisa memiliki kontrol maksimal terhadap kemudi. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa posisi 'jam 9 dan jam 3' adalah yang terbaik. Ini sangat penting untuk menahan setir Anda dengan benar untuk memiliki kontrol kemudi terbaik dan, pada gilirannya, mobil.

5. Ingatlah untuk menggunakan sinyal belokan
Pahami pentingnya sinyal atau indikator belokan. Begitu Anda berada di jalan, Anda adalah satu di antara banyak orang dan oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengingatkan kendaraan di sekitar Anda saat Anda hendak berbelok. Menggunakan sinyal membantu menghemat banyak kecelakaan di jalan.

6. Hindari overspeeding
Godaan yang paling umum, saat seseorang mengendarai mobil, adalah mempercepatnya. Hal ini sangat penting bahwa Anda pertama kali mengenal mobil sebelum Anda mulai ngebut.

Baca jua : Serunya liburan ke malioboro di Jogja kota 24 jam 

7. Pertahankan jarak yang cukup jauh dari kendaraan lain
Kita harus selalu menjaga jarak yang layak dari kendaraan yang bergerak di depan. Anda mungkin seorang sopir yang sangat aman dan mengikuti semua peraturan dan peraturan tapi itu tidak berarti bahwa yang lain juga. Cara terbaik mengendarai dengan aman adalah menjadi supir defensif ketimbang supir agresif.

8. Jangan gunakan tanduk yang tidak perlu
Tanduk harus mengingatkan pembalap di sekitar Anda, jangan sampai frustrasi. Penggunaan tanduk yang berlebihan bisa mengiritasi sesama pengendara motor dan terkadang bisa mengakibatkan kemarahan di jalan.

9. Tetap tenang saat mengemudi

Jangan biarkan suasana hati Anda mempengaruhi cara Anda mengemudi, terutama jika Anda seorang pemula. Sebuah dorongan dalam kemarahan seharusnya tidak memaksa Anda untuk mempercepat dan suasana hati yang baik tidak berarti Anda memiliki hak untuk berjalan-jalan di tengah jalan. Tenang dan tenang setiap saat dan ikuti peraturan dan peraturan saat berkendara.